7.22.2013

situs watu tunti '' patih Gajah Mada '' di Bima


(wadu tunti)
Situs Wadu Tunti terletak di Dusun Ncuhi, Desa Bumi Pajo, Kecamatan Donggo, Kabupaten Bima. Wadu Tunti atau batu tulis (wadu = batu dan tunti = tulis) adalah salah satu peninggalan zaman kerajaan jawa kuno pada saat datang ke tanah Bima. Wadu Tunti ini dipercaya oleh masyarakat setempat adalah hasil tulisan tangan oleh Patih Gajah Mada, dimana batu ini menceritakan  seorang bangsawan jawa duduk di singasana dan di kelilingi oleh dayang-dayang  dan di bawahnya terdapat seekor anjing penjaga.

Letak Desa Bumi Pajo terletak di antara perbatasan Bima dan Dompu, dalam perjalanan akan menuju ke Bumi Pajo anda akan ditemani pemandangan alam yang indah dengan udara yang sejuk dan hamparan kebun kopi yang berjejer di sepanjang jalan, karena rata-rata dari penduduk Desa Bumi Pajo adalah berprofesi sebagai  petani.

Untuk menuju Desa Bumi Pajo ke Dusun Ncuhi bekisar antara 60 meter di kaki gunung Rora, jalanan mudah di tempuh dengan memakai mobil maupun kendaraan roda dua dari Dusun Ncuhi berhubung jalannya sudah di hotmik dan beraspal, kemudian untuk menuju situ Wadu Tunti anda bisa berjalan kaki atau menggunakan sepeda motor yang jaraknya dari Dusun bekisar 20 meter.

Setelah tiba di situs, mata kita akan dimanjakan dengan suasana alam yang harmonis dengan view pegunungan Donggo Soromandi.

Sangat mudah menemukan situs wadu Tunti, kita tinggal menanyakan kepada warga setempat, berhubung warga Dusun Ncuhi sangat ramah-ramah.

Kondisi situs Wadu Tunti saat ini sangat terawat, dibangun sebuah bangunan dan di pagari dengan diameter 2×5 meter, Warga setempatpun sangat menjaga Situs ini. Bagi mereka situs tersebut merupakan warisan leluhur mereka.

Banyak cerita yang menarik tentang situs Wadu Tunti ini yang berkembang di sekitar warga setempat, yang paling menarik yaitu sebagian warga Dusun Ncuhi meyakini bahwa mereka masih mempunyai silsilah darah dari Pati Gajah Mada, karena kepercayaan mereka Pati Gajah Mada berasal dari tanah Bima atau disebut dengan Dana Mbojo, karena di bukit sebelah utara Dusun Ncuhi terdapat kuburan kuno yang oleh warga setempat menganggap bahwa itu adalah kuburan Patih Gajah Mada.

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan