9.07.2013

Tari Wura Bongi Monca

selamat malam agan-agan para pecinta sejarah nusantara...khususnya teman-teman pecinta budaya bima dompu...karna malam ini saya  bagi info mengenai salah satu tarian ada bima.yah tarian "wura Bongi monca"

sebelum saya posting mengenai tarian wura bongi monca saya kasih tahu dulu ama agan-agan arti dari "wura bongi monca" Wura artinya Menebar, Bongi artinya Beras dan Monca artinya Kuning jadi "Wura Bongi Monca" adalah tarian Menebar Beras Kuning.

Tarian ini biasa digelar pada acara-acara penyambutan tamu baik secara formal maupun informal. Pada masa kesultanan Bima tarian ini biasa digelar untuk menyambut tamu-tamu sultan. Tarian ini dimainkan oleh 4 sampai 6 remaja putri dalam alunan gerakan yang lemah lembut disertai senyuman sambil menabur beras kuning kearah tamu, Karena dalam falsafah masyarakat Bima tamu adalah raja dan dapat membawa rezeki bagi rakyat dan negeri.                  
tari wura bongi monca

Alat musik pengiring tarian ini adalah 2 buah Gendang besar, 1 Gong, 1 Tawa-tawa, dan 1 Sarone (Sejenis alat musik yang menyerupai seruling  tapi terbuat dari daun lontar ). Saat ini, tarian Wura Bongi Monca telah banyak mengalami perubahan dan kreasi. Iramanya dibuat lebih atraktif yang dipadukan dengan gerakan yang cukup dinamis dari pada aslinya yang menyerupai Tari Lenggo dengan gerakan yang lamban dan gemulai  

Alat pengiirng tarian wura bongi monca
Tarian ini tergolong cukup eksis hingga kini. Disetiap acara terutama penyambutan tamu dan acara-acara resmi Pemerintahan baik di kota maupun Kabupaten Bima terian ini biasa digelar. Mudahan-mudahan tarian Wura Bongi monca sebagai salah satu warisan budaya Bima ini tetap eksis sepanjang Zaman dan terus terwarisi dari generasi ke generasi.Amin...

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan