9.13.2013

Suku Sambori,Suku Asli Bima

 
Tempat tinggal Suku Sambori
Desa Sambori adalah sebuah desa tradisional. Di Sambori ini didiami oleh suku asli Bima yang disebut Dou Donggo Ele (Orang Donggo yang tinggal di sebelah timur teluk Bima). Secara historis orang bima atau dou mbojo dibagi dalam 2 (dua) kelompok.Kelompok pertama masyarakat: Asli dan kelompok kedua Masyarakat Pendatang.

Masyarakat donggo atau dou mbojo adalah merupakan masyarakat yang paling lama mendiami Daerah Bima dibandingkan dengan suku lain mereka bermukim didaerah pemukiman di daratan tinggi yang jauh dari pesisir, memiliki bahasa adat istiadat yang berbeda dengan orang Bima atau Dou mbojo pada umumnya. Dou donggo mendiami lereng-lereng gunung Lambitu yang di sebut Dou Donggo Ele sementara Dou Donggo yang mendiami lereng gunung soromandi disebut Dou Donggo Ipa, mereka tinggal disuatu perkampungan dengan rumah adat disebut Lengge di kelilingi pegunugan dan pembukitan serta panorama alam yang indah dan menarik untuk di nikmati.

Falsafah hidup Dou Donggo Ele dan Dou Donggo Ipa senang hidup dalam kondisi pegunungan dan daratan tinggi. Rumah dibangun sangat tinggi sekitar 6 sampai 7 meter dengan ukuran kecil sekitar 3×4 meter dengan maksud untuk menyimpan panas, mata pencahariannya dengan berladang dan beburu. Rasa kekeluargaan dan sukuisme serta sifat gotong royong sangat eratdan rumahnya pub di sebut dengan uma lengge.

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan